Rabu, 30 Desember 2009

PEMBAGIAN SEGMENTASI BERDASARKAN GEODEMOGRAFI DAN KEGUNAANNYA BAGI PEMASAR

Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secarakreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkanpeluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Segmentasi pasarsangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidakboleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatuhal yang harus dipelajari dalam membangun usaha.
Manfaat Segmentasi
Salah satu alasan perusahaan melakukan segmentasi untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah disusun, serta lebih terarah dan sumber daya perusahaan dapat digunakan secara efektif dan efisien. Segmentasi yang berorientasi pada peningkatan pemasaran akan memberikan keuntungan bagi pebisnis dan pelanggan, yaitu:
1. Menyediakan keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan lebih baikProdusen dapat memuaskan keinginan dan kebutuhan pelanggan yang bervariasi dengan menggunakan pola berbeda, insentif dan kegiatan promosi yang bebeda pada setiap segmen yang dituju. Contohnya perusahaan komputer Dell, yang mengelompokkan konsumennya kedalam kelompok pribadi, bisnis kecil, bisnis besar, dan organisasi pemerintah atau kemasyarakatan dan bukan berdasarkan pada lini produk yang dihasilkan. Hal tersebut terbukti mampu memberikan pelayanan dan ketersediaan produk yang lebih baik.2. Meningkatkan pendapatanLebih sulit bagi produsen untuk menaikkan harga pada seluruh pasar. Kecuali jika produsen mengelompokkan segmen premium yang akan menerima harga yang lebih mahal. Dengan segmentasi perusahaan mengetahui pasar mana yang berpotensi dapat meningkatkan pendapatannya lebih besar.3. Peluang untuk tumbuhDengan segmentasi pasar organisasi dapat menciptakan ‘niche product’ yang akan menarik konsumen lain untuk mencoba dan kemudian membeli produk tersebut.
Dalam menentukan strategi kebijakan segmentasi market untuk pemasaran produk tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Kebijakan pensegmenan tersebut harus didasarkan pada kriteria tertentu. Diantara kriteria tertentu yang dimaksud adalah terdiri atas pensegmenan objek konsumsi dan objek industry. Berikut beberapa poin penting yang dapat digunakan sebagai rujukan untuk melakukan segmentasi:
Segmentasi pasar yang dilakukan dengan landasan tata demografis dari suatu daerah. Dalam melakukan segmentasi dengan mempertimbangkan faktor demografis dapat dilakukan dengan menspesifikasikan pasar pada kriteria jenis kelamin, besarnya income dari para konsumen, agama yang dianut, tingkat jenjang pendidikan, jenis pekerjaan yang mayoritas di daerah yang disurvei dan masih banyak lagi.
Segmentasi yang dilakukan berdasarkan atas faktor psychografis. Pensegmentasian berdasarkan faktor psychografis dapat dilakukan dengan mengkategorikan market terdiri atas klasifikasi motif atau alas an dasar terjadinya pembelian yang dilakukan oleh konsumen, gaya hidup yang kebanyakan sedang buming yang terjadi saat ini, kelas sosial atas konsumen yang menjadi target sasaran produk, dan berbagai hal pendukung lainnya seperti ciri-ciri kepribadian yang dimiliki oleh para konsumen.
Segmentasi yang terakhir yaitu segmentasi yang didasarkan pada letak konsumen di daerah tertentu dengan tinjauan secara geografis wilayah. Tentunya tidak mungkin memasarkan produk tungku pemanas (heater) di wilayah tropis dimana memiliki suhu yang panas. Heater akan laku untuk daerah dengan memiliki iklim yang dingin.Kemudian penggolongan segmentasi atas pertimbangan faktor geografis juga dapat dilakukan dengan cara melihat pertimbangan seperti letak konsumen apakah di kota, di desa, di kabupaten, di propinsi, atau target yang lebih luas Negara atau nasional atau bahkan hingga pasar tingkat internasional. Dengan melihat dan mencari faktor-faktor yang mendukung untuk mensukseskan terjadinya penjualan maka perusahaan akan lebih mengerti akan selera pasar sesuai di tiap-tiap daerah.
Geodemografi merupakan sebuah kombinasi dari karakteristik demografis dan gaya hidup konsumen dalam kelompok (cluster) geografis. Penetapan Sasaran Berdasarkan Demografi• Pertumbuhan populasi dan penyebaran geografis.• Perubahan struktur usia, seperti Konsumen berusia setengah baya dan mapan; Anak-anak dan remaja; dll. • Perubahan yang terjadi dalam rumah tangga konsumen.• Perkembangan populasi etnis.
Dari penjelasan diatas dapat diketahui atau disimpulkan bahwa:
Segmentasi pasar sangat membantu suatu usaha atau perusahaan untuk dapat menetapkan strategi pemasaran yang nantinya dapat membuat perusahaan menglikasikan produk-produk sesuai dengan sasarannya.Tentu saja dengan pengakolasian yang tepat dengan cara segmentasi pasar nanti dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan tersebut.
Segmentasi pasar Geodemografi merupakan pencampuran antara Segmentasi Demografi dengan Geografi.Dimana faktor-faktor yang terdapat diantara keduanya sangat saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.
Segmentasi Demografi di pengaruhi oleh berbagai faktor-faktor seperti:
1. Jenis Kelamin:Dimana antara wanita dengan pria memiliki postur tubuh yang sangat berbeda sehingga dalam pemenuhan kebutuhan akan hidup dan corakatau model produk yang digunakanakan sangat berbeda.biasanya kebutuhan wanita lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan pria contohnya kebutuhan akan kebutuhan berbagai model pakainan alat mempercanti diri bagi wanita .
2. Besarnya Income dari konsumen : Setiap orang memiliki berbagai pekerjaan dan tingkat pendapatan yang berbeda- beda antara yang satu dengan yang lainnya.Sehingga besar kecilnya produk yang dibeli maupun segi kualitas produk yang digunakan sangat tergantung pada pendapatan dari masing-masing orang tersebut.
3. Agama yang dianut:Setiap agama memiliki berbagai peraturan-peraturan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya dimana aturan dan kebiasaan yang diajarkan dalam setiap agama tersebut harus dijalani dan dilaksanakan oleh semua umat yang mengikuti ajaran agama tersebut dan orang yang melanggarnya pastinya akan mendapatkan dosa,Contohnya larangan memakan daging Anjing Dan Babi bagi umat Islam.
4. Tingkat jenjang pendidikan: Tingkat pendidikan setiap orang pun berbeda antara orang yang satu dengan yang lain dimana biasanya semakin tiggi tingkat jenjang seseoran akan semakin beragam produk yang akan dibeli dan dugunakan dan semakin tinggi pemilihan kualitas dari produk tersebut.
Segmentasi geografi di pengaruhi letak konsumen dimana ia tinggal,dimana besar kecilnya wilayah,suhu,maupun keadaan wilayah yang ia tinggali sangat berpengaruh terhadap produk-produk yang akan dibelinya.seperti orang yang tinggal di suhu dingin dalam meggunakan pakaian pastinya akan memakai pakaian yang tebal dan hangat yang menutupi seluruh tubuh dan tidak mungkin meggunakan pakaian yang tipis dan pendek seperti orang yang tinggal di daerah panas.

Referensi :
1. http://finance.groups.yahoo.com/group/Bisnis_Center/message/13736
2. http://massofa.wordpress.com/2009/03/03/segmentasi-pasar/
3. http://go-kerja.com/pemasaran-strategi/
4. http://libertysarman.blogspot.com/2009/12/sasaran-komunikasi-pemasaran-demografis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar