Minggu, 25 Oktober 2009

MACAM-MACAM KEMASAN PRODUK MINUMAN TEH

Produk adalah segala sesuatu (meliputi ojek fisik, jasa, tempat, organisasi, ataupun pribadi) yang dapat atau mampu ditawarkan produsen untuk diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.
Rancangan Produk Total meliputi lima tingkatan yaitu:
1. produk utama
2. produk generik
3. produk harapan
4. produk pelengkap
5. produk potensial
Atribut produk adalah sesuatu yang dilengkapi manfaat utama produk sehingga mampu lebih memuaskan konsumen yang meliputi :
1. Merk
adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasinya yang dapat memberikan identitas barang dan membedakan dengan produk pesaing.
2. Pembungkusan
adalah proses yang berkaitan dengan perencanaan dan pembuatan wadah, pembungkus, maupun pengangkut.
3. Lebel
adalah informasi produsen atas produk.
4. Garansi
adalah janji atau jaminan yang merupakan kewajiban produsen atas produknya kepada konsumen.
5. Produk tambahan
adalah barang atau jasa yang diberikan kepada konsumen menyertai penjualan utama produk.
Dengan penjelasan diatas mengenai produk, maka saya akan membahas tentang kemasan produk teh yang beredar di pasaran.
Seperti kita lihat dan kita dengar dari zaman dahulu sampai sekarang produk teh mengalami perubahan dari kemasan, bentuk, dan fungsinya. dulu teh dikemas dengan fisik berupa daun yang dikeringkan yang difungsikan sebagai minuman penghangat tubuh sama halnya seperti minuman kopi, namun kemudian teh difungsikan tidak hanya untuk minuman penghangat tubuh tetapi sekarang difungsikan untuk minuman penyegar dari rasa dahaga. Produk teh mulai dikemas dalam bentuk katongan yang kita sering menyebutnya dengan teh "celup". Dengan perkembangan zaman saat ini bila kita melihat tayangan iklan produk teh pada saat ini sudah dikemas dalam berbagai bentuk seperti botol, kotak kecil, sashet, dan gelasan. Rasa teh sekarang pun dipadukan dengan berbagai rasa buah seperti rasa buah stawbery, jeruk, apel, jambu dll.
Sumber dari :
- Seri diktat kuliah DASAR PEMASARAN universitas Gunadarma
- Tayangan iklan dan pedagang minuman teh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar