Rabu, 12 Mei 2010

KEHIDUPAN MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL

Manusia sebagai makhluk sosial yang tentunya tidak dapat hidup sendiri,dan menjalankan kehidupan pastinya memerlukan bantuan dari orang lain atau manusia lainnya. Sebelum lahir di dunia kita terlebih dahulu berada dalam kandungan ibu kita selama 9 bulan, dan setelah lahir kita pun diberi air susu dari ibu dan mendapat kasih sayang dari orang-orang dekat kita atau keluarga kita. Segala keperluan dari makan,minum,pakaian,tempat tinggal,sekolah dan lain-lain orang tua kitalah yang memenuhi semua kebutuhan kita. Dan pada saat anak-anak pun kita mulai berteman dengan orang-orang di sekeliling kita terutama dengan orang yang sebaya dengan kita. Apalagi pada saat masuk sekolah,kita pun mulai mengenal teman-teman sekelas kita dan guru-guru.

Hingga dewasa pun kita akan selalu berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain tidak hanya dengan keluarga,teman, dan tetangga kita saja tetapi sudah mulai dengan masyarakat luas karena ketika kita mulai bekerja di perusahaan atau di tempat lainnya sesuai dengan kemampuan ataupun softkills yang kita miliki pastinya akan dituntut untuk dapat berinteraksi dengan baik dengan orang banyak atau masyarakat luas. Dalam kegiatan pembangunan suatu negara pastinya tidak hanya dikerjakan oleh satu orang saja misalnya oleh pemimpin negara tersebut saja,melainkan oleh seluruh warga negara tersebut yang saling membantu atau bergotong royong dalam membangun negara.

Manusia pun dalam menjalani hidup tidak akan pernah selalu mulus atau baik,tentunya sebagai manusia biasa akan menghadapi suatu permasalahan dalam kehidupannya oleh sebab itu pastinya akan sangat memerlukan saran,bantuan orang lain untuk dapat membantunya dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapinya terutama saran,semangat atau dorongan,dan bantuan dari keluarga dan temannya.Bahkan bila terjadi konflik dengan orang lain atau dengan kelom[ok masyarakat lain pastinya sangat diperlukannya orang lain sebagai pihak penengah masalah untuk membantu penyelesaian masalah. Tidak bisa dibayangkan bila kita harus hidup sendiri tanpa bantuan orang lain pastinya kita tidaklah bisa bertahan hidup di dunia ini dan hidup ini pastinya akan terasa sangat sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar