Minggu, 22 November 2009

Tugas Metode Riset

Tugas 2

Liabriana NPM:10207655
Rinta Harjanti NPM:10207944
Kelas 3EA05

Rangkuman jurnal data sekunder dari:

RANGKUMAN JURNAL DATA PRIMER :
ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG
DAN PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA AGRO
(Studi Kasus di kebun wisata Pasirmukti, Bogor)

Riandina Wahyu Oktaviani dan Rita Nurmalina Suryana
1. Alumni Departemen Agribisnis, fakultas pertanian, Institut Pertanian Bogor
2. Staf Pengajar Fakultas Ekonomi dan Manajemen, institut Pertanian bogor


Latar Beakang dan Perumusan Masalah
Wisata argo merupakan salah satu jenis wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai obyek wisata dan memadukan antara kegiatan pertanian dan kegiatan wisata. Wisata agro bukan semata merupakan usaha yang menjual jasa bagi pemenuhaan kebutuhan konsumen akan pemandangan yang indah dan udara yang segar, namun juga dapat berperan sebagai media promosi produk pertanian, menjadi media pendididkan bagi masyarakat (mulai dari pendidikan tentang kegiatan usaha dibidang pertanian sampai kepada pendidikan tentang keharmonisan dan kelestarian alam). Hal ini memerikan sinyal bagi peluang pengembangan diversifikasi produk agribisnis yang berarti pula dapat menjadi kawasan pertumbuhan baru wilayah (koswara, 2005).
Meningkatnya jumlah obyek wisata di kabupaten Bogor saat ini menyebabkan tingkat persaingan khususnya persaingan para pelaku bisnis dibidang wisata (termasuk wisata agro) untuk mendapatkan perhatian dari konsumen menjadi semakin tinggi. Hal ini dapat dilihat pada tabel 1.

Tabel 1. Pertumbuhan Jumlah Obyek Wisata di Kabupaten Bogor 2002-2006

Tahun Jumlah persetasi Kenaikan

2002 25 0
2003 26 4
2004 29 11,53
2005 29 0
2006 31 6,89

Rata-rata 28 5,61
sumber : Laporan Tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, 2006

kebun wisata Pasirmukti merpakan salah satu obyek wisata agro yang memiliki fasilitas wisata edukatif khususnya dibidang pertanian, antara lain membajak sawah, menanam padi, memetik buah sendiri, menanam sayur dan memancing ikan.


Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengunjung terhadap performance kebun wisata Pasirmukti, sedangkan tujan spesifik adalah mengkaji tahapan proses pengambilan keputtusan pengunjung kekebun wisata Pasirmukti, menganalisis tanggaan responden terhadap atribut-atribut yang ditawarkan oleh pihak manajemen kebun wisata Pasirmukti, menganalisis tigkat kepuasan pengunjung terhadap fasilitas yang ditawarkan oleh pihak manajemen kebun wisata Pasirmukti, dan menganalisis informasi mengenai fasilitas yang perlu ditambahkan.

Datadan Sumber Data
Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan sekunder. Metode pengambilan sampel dari konsumen atau pengujung dikukan dengan pendekatan non-probability sampling melalui metode convenience sampling, Ada screening diawal kuesioner. Jumlah sampel yang diambil yaitu 100 orang.

Penelitian ini menggunakan empat alat analisis yaitu analisis deskriptif, importance- performance analysis, costumer satisfaction index dan uji friedman dan multiple comparition.
RINTA HARJANTI (10207944)
KELAS 3EA05

Analisis jurnal data primer 2:

ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG DAN PENGEMBANGAN WISATA AGRO
(Studi Kasus di Kebun Wisata Pasirmukti,Bogor)
Riandina Wahyu Oktaviani dan Rita Nurmalina Suryana
“alumni Departemen Agribisnis,Fakultas pertanian,institute pertanian Bogor
Staf Pengajar fakultas Ekonoi dan Manajemen ,institute Pertanian Bogor



Penelitian ini menggunakan 4 alat analisis yaitu:
Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan proses pengambilan keputusan kunjungan konsumen ke kebun wisata Pasirmukti.
Importance-Performance digunakan untuk memetakan hubungan antara kepentingan dengan kinerja dari msing-masing atribut-atribut tersebut.
Customer Statisfaction index digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan responden secara keseluruhan.
Uji Friedman dan Multiple Comparison,digunakan utuk menentukan urutan prioritas fasilitas tambahan yang perlu dibagun.

Jurnal ini menyajikan hasil penelitin mengenai karakteristik pengunjung,proses puusan kunjungan,respon pengunjung dan tingakat kepuasan pegunjung terhadap atribut yang ditawarkan oleh kebun wisata Pasirmukti.Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa pihak manajemen kebun wisata Pasirmukti sebaiknya memperbaiki kinerja dari promosi,kemudahan mencapai lokasi serta sarana peribadatan.selain itu,pihak kebun wisata Pasirmukti juga sebaiknya mempertahankan kinerja dari kegiatan eduatif yang merupakan keunggulan perusahaan di mata pengunjung dibandingkan dengan objek wisata lain yang sejenis.



LIABRIANA (10207655)
KELAS 3EA05



Analisis jurnal data primer 2:
ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG DAN PENGEMBANGAN WISATA AGRO
(Studi Kasus di Kebun Wisata Pasirmukti,Bogor)
Riandina Wahyu Oktaviani dan Rita Nurmalina Suryana
“alumni Departemen Agribisnis,Fakultas pertanian,institute pertanian Bogor
Staf Pengajar fakultas Ekonoi dan Manajemen ,institute Pertanian Bogor


Analisis kepentingan kinerja pada atribut dan analisis tambahan pada kebun wisata Pasirmukti terdiri dari:
Analisis Kudran dimana tebagi menjadi 4 kuadran yaitu:
- kuadran I(prioritas pertama) yang memiliki tingkat kepentingan yang tinggi bagi responden yang terdiri atas promosi,sarana peribadatan,dan kemudahan mencapai lokasi.
- Kuadran II(pertahankan) yang memiliki tingkat kepentingan yang tinggi dan kinerja yang baik bagi responden yang terdiri atas keamanan,kualitas dan pemeliharaan sarana dan fasilitas,kebersihan saran toilet,kegiatan edukatif dan kenyamanan.
- Kuadran III (perioritas rendah)yang memiliki tingkat kepentingan yang dan kinerja rendah yang terdiri atas luas area parker,fasilitas kebun sayur,fasilitas kebun buah,fasilitas penginapan,kesigapan karyawan dalam melayani pengunjung,fasilitas kebun anggrek,danluas area kemping.
- Kuadran IV(berlebihan) yang memiliki tingkat kepentingan yang rendah dan kinerja yang baik tetapi dianggap berlebihan bagi responden yang erdiri atas fasilitas kolam pancing,jenis paket wisata,tingkat pengetauan pemandu tentang fasilitas,keramahan dan kesopanan karyawan,kemudahan prosedur pelayanan bagi pengunjung,penataan lokasi,dan pemandangan alam.

Analisa Kesenjangan(GAP): kinerja seluruh atribut yang ditawarkan oleh pihak manajemen kebun wisata Pasirmuti masih berada pada di bawah harapan responden.
Customer Satisfaction Indeks: nilai indeks kepuasan pengunjung sebesar 0,6538/65,38%pada range 0,51-0,65.
Analisis varian Ranking Dua Arah Fidman dan UJi perbandingan berganda: untuk uji Fridman berdasarkan analisis tersebut maka fasilitas tambahan yang perlu diprioritaskan dan lebih dulu dibanun adalah kolam renang,kereta keliling kebun,penganekaragaman menu khas sunda,serta laboratorium dan perpustakaan pertanian.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar