Jumat, 06 November 2009

MOTIVASI DAN GAYA HIDUP DALAM MENENTUKAN PILIHAN BARANG DAN JASA YANG AKAN DIBELI

Pengertian motivasi dan gaya hidup
Motivasi konsumen
Motivasi konsumen mewakili dorongan untuk memuaskan kebutuhan baik yang bersifat fisiologis maupun psikologis melalui pembelian dan penggunaan suatu produk.
atau
Motivasi sebagai tenaga dorong dalam diri individu yang memaksa mereka untuk bertindak,yang timbul sebagai akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi.Motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan .Kebutuhan sendiri muncul karena konsumen merasa ketidaknyamanan (state of tension) antara yang seharusnya dirasakan dan sesungguhnyadirasakan.
Gaya Hidup
Gaya hidup merupakan pola hidup yang menentukan bagaimana seseorang memilih untuk menggunakan waktu,uang dan energi dan mereflesikan nilai-nilai,rasa,dan kesukaan.Gaya hidup adalah bagaimana seseorang menjalankan apa yang terjadi konsep dirinya yang ditentukan oleh karakteristik individu yang terbangun dan terbentuk sejak lahir dan seiring dengan berlangsungnya interaksi sosial selama mereka menjalani siklus hidup.
Gaya hidup terkait dengan bagaimana seseorang hidup,bagaimana menggunakan uangnya dan bagaimana mengalokasikan waktu mereka.Gaya hidup yang diinginkan oleh seseorang mempengaruhi perilaku pembelian yang ada dalam dirinya,dan selanjutnya akan mempengaruhi atau bahkan mengubah gaya hidupnya.Berbagai faktor dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang diantaranya demografi,kepribadian,kelas sosial,daur hidup dalam rumah tangga.
Dari penjelasan motivasi dan gaya hidup diatas,dapat disimpulkan betapa berpengaruhnya motivasi dan gaya hidup mempengaruhi dalam pemilihan jenis barang dan jasa yang akan dibeli dan digunakan oleh konsumen.
Motivasi setiap orang dalam melakukan pemilihan,pembelian dan penggunaan produk ataupun jasa pastinya berbeda antara yang satu dengan yang lainnya,sesuai dengan kebutuhan dan keperluan mereka masing-masing.Motivasi tersebut timbul dikarenakan:
- tuntutan hidup yang mengharuskan seseorang membeli berbagai barang ataupun jasa seperti kebutuhan primer dan sekunder.
- karena adanya kegiatan ataupun aktivitas sehari-hari yang mengharuskan menggunakan atau memakai barang ataupun jasa yang sesuai dengan keperluan contohnya alat tulis,seragam sekolah,tas sekolah untuk anak-anak sekolah dalam menunjang kegiatan belajar mereka.Ataupun kebutuhan akan peralatan komputer yang kini banyak digunakan untuk menyelesaikkan tugas-tugas ,menyimpan data,dan lain-lain.
-barang ataupun jasa tersebut sudah benar-benar terkenal atau sedang trend di kalangan masyarakat dan terjamin mutunya serta kualitasnya.Motivasi tersebut dapat juga karena adanya pengaruh dan saran dari teman,keluarga yang telah memakai dan merasakan manfaat dari barang atau jasa tertentu.
-banyaknya uang yang dimiliki untuk membeli barang atau jasa tertentu.
Gaya hidup sangat dipengaruhi dan tergantung pada kepribadian,sifat ataupun watak dari setiap orang,dimana nantinya akan sangat mempengaruhi bagaimana ia akan mempergunakan penghasilannya atau uangnya,seberapa banyak waktu dan uang yang digunakan untuk membeli barang atau jasa sesuai dengan yang dikehendakinya.Ada orang yang suka menghabiskan waktu dan uangnya untuk berbelanja berbagai barang dan jasa yang tidak hanya yang merupakan kebutuhan utamanya tetapi juga barang-barang mewah,tetapi ada juga yang hidup berhemat dan hanya membeli barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan hidupnya saja dan lain-lain.
REFERENSI:
1. http//dhynaloopz.ngeblogs.com/
2. http//massofa.wordpress.com/2008/02/02/perilaku-konsumen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar