Minggu, 22 November 2009

Tugas Metode Riset2

Liabriana NPM:10207655
Rinta Harjanti NPM:10207944
Kelas 3EA05

Tugas 2 (data primer)
Ringkasan jurnal dari:
ISSN1410-4628

ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING CUSTOMER’S SATISFACTION TO PDAM SERVICES OF DENPASAR CITY
Ringkasan:
Kota denpasar memiliki jumlah penduduk 532.440 jiwa dengan kepadatan penduduk 4.167 jiwa/km2 dan tingkat pertumbuhan penduduk sebesar 3,01%/tahun(Dinas Kependududkan dan Catatan Sipil kota Denpasar ,2002:10)
Lokasi penelitian dilakukan di kota Denpasar karena PDAM kota Denpasar memliki pelanggan yang banyak di tiga kecamatan yaitu kecamatan Denpasar Timur,kecamatan Denpasar barat,dan kecamatan Denpasar Selatan,disamping itu,masih banyaknya keluhan dari para pelanggan yang meupakan ciri pelayanan yang belum maksimal.


PDAM kota Denpasar telah mengupayakan memberikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan air bersih,namundalam perjalanan sring mendapat keluhan dari masyarakat atau pelanggan.Keluhan masyarakat tentang semakin sulitnya untuk mendapatkan air bersih tampaknya nasih menjadi kendala yang sepenuhnya belum dapat diatasi oleh pemerintah daerah dalam hal ini PDAM Kota Denpasar.

Faktor-faktor yang mempengarui kepuasan pelanggan dalam penelitian ini yaitu:
Faktor keandalan
Faktor ketanggapan
Faktor keyakinan
Faktor empati
Faktor berwujud

Dari pokok permasalahan,keaslian penelitian dan kajian teori dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut.
1. ada pegaru signifikan secara bersama-sama factor keandalan,ketanggapan,keyakinan,empati,dan berwujudterhadap kepuasa pelanggan PDAM Kota Denpasar.
2. Ada pengaruh signifikan factor keandalan,ketanggapan,,keyakinanempati,serta berwujud secara parsial terhadap kepuasan pelangan PDAM kota Denpasar.

Penelitian ini dilaksanakan di kota Denpasar.pemilihan Kota Denpasar sebagai lokasi penelitian karena PDAM kota Denpasar memiliki pelanggan yang cukup banyak yang tersebar di tiga kecamatan,yait kecamatan Denpasar Barat,Kecamatan Denpasar Timur,Dan Denpasar Selatan.


BULETIN STUDI EKONOMI Volume 12 Nomer 1 Tahun 2007




LIABRIANA (10207655)
KELAS 3EA05


Analisis jurnal data primer 1:
ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING CUSTOMERS SATISFACTION TO PDAM SERVICES OF DENPASAR CITY


Tingkat kepuasan pelanggan PDAM kota denpasar diukur berdasarkan:
tingkat kontinuitas air berada dalam kategori tingkat kepasan rendah,
Pencatatan meteran air berada dalam kategori tinkat kepuasana sedang.
lokasi pembayaran berada dalam kategori tingkat kepuasan tinggiKecepatan
penanganan keluhan berada dalam kategori tingkat kepuasan rendah.


Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan PDAM.
1. Factor keandalan (X1)
2. Faktor ketanggapan (X2)
3. Faktor keyakinan (X3)
4. Faktor Empati (X4)
5. Faktor beruwujud (X5)

Secara Simultan seluruh factor:X1,X2,X3,X4,dan X5 berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Secara parsial factor X2,X3,X4,dan X5 berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.Sedangkan factor X1 tidak berpengaruh nyata terhadap kepuasan pelanggan PDAM denpasar.



RINTA HARJANTI (10207944)
KELAS 3EA05



Analisis jurnal data primer 1 :
ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING CUSTOMERS SATISFACTION TO PDAM SERVICES OF DENPASAR CITY


Penelitian ini dilaksanakan di kota Denpasar karena PDAM kota denpasar mempunyai pelanggan yang cukup banyakyang tersebar di tiga kecamatan,yaitu kecamatan denpasar barat,Denpasar timur,dan denpasar selatan.Disamping itu,masih banyaknya terjadi keluan pelanggan yang merupakan cirri pelayanan yang belum maksimal.PDAM kota Denpasar telah mengupayakan memberikan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan air bersih,namun dlam perjalanan sering mendapat keluhan dari masyarakat atau pelanggan.
Keluhan masyarakat tentang tentang semakin sulitnya mendapatkan air bersih,disatu pihak permintaan masyarakat akan air bersih smakin meningkat ,namun pelayanan yang diberikan belm sebanding dengan pemenuhan pelayanan permintaan masyarakat.Kontinuitas air yang belum memenuhi target 1 standar pelayanan,lokasi tempat pembayaran yang berada di tempat-tempat tertentu,serta kecepatan penanganan masih menjadi keluhan masyarakat.
Kesulitan mendapatkan pelayanan PDAm dikarenakan pungkatan jumalah pelanggan (pada periode !(1999-2003),jenis pelanggan yang paling banyak adalah pelaggan rumah tangga,dimana rata-rata peningkatan setiap tahunnya adalah 5%.Dalam periode yang sama jenis pelanggan niaga mengalami peningkatan rata-rata 13,89% per tahun.Peningkatan ini diakibatkan olh semakin banyaknya masyarakat membuka usahabaik kecil,menengah,maupun besar.Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pelanggan sebagai akibat ari peningkatan jumalah penduduk ,PDAM kota Denpasar telah mengupayakan beberapa potensi sumber air dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan akan air besih antara lain:
IPA Long Stronge Waribang tahap II dengan kapasitas 150 liter/detik
Tukad Petanu(Gianyar) dengan kapasitas 300 liter/detik.
Tukad Unda(klungkung) degan kapasitas 300 liter/detik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar